3 Langkah Mudah ini Merupakan Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca paling Cepat!

Cara memperbaiki hardisk tidak terbaca adalah salah satu pengetahuan yang cukup penting karena seringkali dialami di saat genting. Sampai hari ini hardisk asih menjadi perangkat pilihan yang digunakan untuk menyimpan file dalam ukuran besar.

Meskipun sekarang sudah tersedia penyimpanan cloud yang lebih praktis, namun faktanya hardisk masih diperlukan banyak pengguna. Karena mudah dibawa dan untuk mengaksesnya tidak memerlukan jaringan internet. Sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasi hardisk yang trouble saat digunakan.

Agar lebih menyingkat waktu, mari kita simak keterangan dari madagascarian.com kali ini yang khusus mengulasnya utnuk Anda.

Cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca

3 Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca dengan Mudah!

Pada umumnya orang membeli hardisk untuk kebutuhan penyimpanan yang lebih besar, dibandingkan flashdisk atau penyimpanan di laptop. Sehingga cara memperbaiki hardisk tidak terbaca, berikut ini harus diketahui agar dapat mengatasi di saat genting.

Instal ulang driver

Langkah yang pertama adalah instal ulang driver, karena ketika terhubung ke perangkat keras, biasanya hardisk memerlukan bantuan driver. Diketahui bahwa manfaat driver laptop salah satunya adalah mengontrol setiap perangkat tambahan yang terhubung ke komputer.

Pada seri Windows 7 atau versi lebih lama, klik ‘Start’ > ‘Computer’ lalu lanjutkan dengan klik kanan dan pilih ‘Properties’. Setelah itu Anda dapat memilih ‘Device Manager’, namun ketika windows versi baru Anda hanya perlu menuliskan ‘Device Manager’ pada kolom pencarian di taskbar.

Setelah jendela ‘Device Manager’ terbuka, periksa opsi kabel USB, jika terdapat  tanda kutip berwarna kuning bertuliskan ‘YSB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device’ pilih sebelah kanan dan klik  ‘Update Driver Software’ kemudian lanjutkan dengan ‘Browse My Computer for Driver Software’

Klik ‘Let me pick from a list of device drivers on my computer’ untuk melannjutkan ke langkah berikutnya. Dan pastikan pada menu ‘Show compatible hardware’ hanya ‘USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device’ yang dicentang. Setelah itu klik next dan jalankan instalasi sampai selesai.

Mengganti kabel USB atau type C

Seringkali pengguna tidak menyadari bahwa hal yang menyebabkan hardisk tidak terbaca adalah karena terdapat kerusakan pada perangkat keras. Salah satunya pada kabel penghubung atau colokannya yang biasanya kurang diperhatikan.

Pada umumnya untuk komputer yang model lama menggunakan connector berupa USB. Sementara, pada perangkat versi baru umumnya sudah menggunakan kabel type C. Kedua-duanya juga rentan mengalami kerusakan yang sama.

Cara memperbaiki hardisk tidak terbaca yang wajib dicoba adalah memeriksa kabel colokan ini terlebih dahulu. Karena kerusakan pada kabel ini menyebabkan gangguan proses transfer data, sehingga komputer atau laptop menjadi kesulitan membaca hardisk.

Mengganti case hardisk

Biasanya case pada hardisk eksternal ini terdiri dari beberapa komponen sederhana untuk melindungi perangkat. Sehingga ketika komponen ini ada yang rusak maka akan berpengaruh pada hardisk-nya.

Ketika hardisk yang Anda gunakan tiba-tiba tidak terbaca, Anda dapat memeriksa apakah casing pelindung hardisk mengalami kerusakan. Karena jika konektor antara power dan SATA pada hardisk tidak pas juga dapat mengakibatkan hardisk tidak dapat dibaca.

Memang kasus seperti ini jarang terjadi pada perangkat yang mereknya sudah ternama di dunia komputer, namun bukan berarti tidak mungkin terjadi. Setelah mendapati case mengalami kerusakan, maka Anda dapat menggantinya dengan case yang baru.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki hardisk tidak terbaca yang dapat Anda coba satu demi satu. Beberapa langkah ada yang membutuhkan tindakan yang hati-hati agar tidak mempengaruhi komponen lain, sehingga Anda harus memperhatikan dengan baik saat mempraktekkannya.